Rabu, 03 Februari 2010

Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome atau CTS dapat menyebabkan sensasi seperti tersengat listrik (rasa kebas, geli, dan kesemutan) di daerah pergelangan dan jari jemari (terutama jempol, telunjuk, dan jari tengah). Ada pula yang merasa jemarinya seperti bengkak (padahal jika dilihat tidak bengkak).
Gejala ini seringkali muncul pada malam hari saat orang biasanya tidur dengan telapak tangan terkulai. asa tidak nyaman tersebut muncul akibat terjepitnya syaraf medianus karena terowongan karpal menyempit. Saraf medianus berada di bagian tengah lengan, melewati terowongan di daerah karpal yang ada di telapak tangan lalu menuju jemari. Syaraf ini berperan penting dalam gerak pergelangan tangan dan jemari.
Sindroma terowongan karpal ini biasanya timbul pada orang-orang yang melakukan pekerjaan dengan jari atau pergelangan tangan secara terus menerus. Misalnya saja: mengulek sambal, menggendong si kecil, mengetik, dan lainnya.
Jika Anda mengalami sindroma ini segeralah berkonsultasi dengan dokter rehabilitasi medik. Dokter akan mereposisi tangan dan pergelangan tangan untuk melonggarkan terowongan karpal, caranya dengan memasangkan splint atau ortosa tangan, melatih melonggarkan terowongan karpal, dan memberikan Anda obat. Anda juga akan diminta mengistirahatkan tangan yang sakit hingga beberapa minggu (hingga sakit sembuh). Jika gejala semakin parah, ada kemungkinan Anda dirujuk ke dokter bedah ortopedi untuk dipertimbangkan kemungkinan tindakan bedah.

www.infosehat.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar